Saraf Kejepit Di Pinggang Kanan Atau Kiri

Saraf KejepitPernahkan anda merasakan nyeri pada bagian pinggang akibat mengangkat beban yang terlalu berat?Mungkin itu salah satu akibat dari penyakit saraf kejepit.

Saraf terjepit merupakan suatu keadaan dimana terjadinya jepitan serabut saraf pada bagian tulang belakang. Saraf terjepit dapat terjadi karena berbagai sebab misalnya seperti sering mengangkat beban yang terlalu berat, salah posisi ketika mengangkat beban, trauma pada daerah punggung/ pinggang, sering membunyikan badan, kelainan tulang belakang.

 Tentang Saraf Kejepit

Saraf Terjepit Di Pinggang Kanan Atau Kiri

Adanya saraf terjepit terjadi akibat tekanan yang meningkat di bagian saraf, terutama di bagian pinggang atau leher. Tekanan bisa disebabkan oleh gerakan yang dilakukan berulang-ulang untuk jangka waktu lama, contohnya posisi siku ditekuk saat tidur. Tekanan itu menyebabkan penonjolan inti dari diskus yang menjadi bantalan tulang sehingga menekan saraf. 
Gejala Penyakit Saraf Kejepit umumnya menimbulkan nyeri yang berawal dari punggung, tapi kemudian tidak menutup kemungkinan nyeri akan muncul dibeberapa bagian tubuh. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan jaringan menekan saraf yaitu :
  • Terluka
  • Postur tubuh yang tidak baik dapat menambah tekanan  pada tulang belakang dan saraf
  • Rematik atau arthritis pergelangan tangan
  • Stres dari pekerjaan yang berulang-ulang
  • Aktivitas olahraga yang rentan cedera
  • Berat badan yang berlebihan juga menekan saraf

Pengobatan saraf kejepit biasanya menggunakan obat antiradang, vitamin neuroprotektor, anti nyeri. Jika saraf kejepit terus dibiarkan akan menyebabkan jaringan lunak atau pelindung sekitar saraf akan pecah. Jika penyakit saraf kejepit terjadi dalam jangka waktu tidak akan menimbulkan kerusakan, namun jika terjadi dalam jangka waktu yang panjang hal tersebut akan mengakibatkan rusaknya saraf secara permanen. Untuk mencegah terjadinya saraf kejepit di pinggang ada beberapa tips yang bisa anda lakukan yaitu :

  • Dengan melakukan olahraga secara teratur untuk menghindari terjadinya risiko saraf terjepit.
  • Hindari mengangkat beban yang terlalu berat. Jika anda akan mengangkat maka lakukan dengan benar yaitu tekuk lutut terlebih dahulu baru kemudian angkat barang. Jangan langsung mengangkatnya dengan posisi tubuh membungkuk karena akan meningkatkan risiko saraf kejepit.
  • Tidur dengan memakai alas yang tidak terlalu empuk agar posisi tulang belakang tetap lurus.
  • Perhatikan selalu postur tubuh anda tidak boleh terlalu gemuk dan juga tidak boleh terlalu kurus.

Demikian informasi seputar saraf kejepit semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *