Perbedaan Nyeri Pinggang Biasa Dan Nyeri Pinggang Akibat Saraf Kejepit

Perbedaan Nyeri Pinggang Biasa – Nyeri pinggang merupakan keluhan yang sangat umum dirasakan oleh hampir semua orang. Keluhan ini biasanya dirasakan oleh segala usia, mulai dari remaja hingga orang tua. Nyeri pinggang  bisa disebabkan oleh beberapa sebab seperti teralu lama duduk, terlalu lama berdiri atau bahkan terlalu sering mengangkat beban berat. Meski belum tentu berbahaya, namun nyeri pinggang sangat menganggu penderitanya. Bahkan, anda juga harus bisa membedakan mana nyeri pinggang biasa dan mana nyeri pinggang akibat saraf kejepit. 

Nah untuk itu, untuk membedakannya kita simak informasi berikut ini. 

Perbedaan Nyeri Pinggang Biasa Dan Nyeri Pinggang Akibat Saraf Kejepit

Nyeri pinggang disebabkan oleh pegal-pegal

Nyeri pinggang biasa yang disebabkan oleh pegal-pegal biasanya terjadi akibat terlalu sering mengangkat beban berat. Hal tersebut menyebabkan otot-otot pinggang menjadi kaku atau tegang . Gejalanya dimulai dengan rasa sakit dibagian bawah, dari bawah tulang rusuk hingga ke area pinggang. Memang pada awalnya pinggang terasa pegal, namun lama kelamaan rasa sakit tersebut menusuk ke area pinggang. Hal tersebut tentunya membuat kesulitan untuk bergerak dan juga berdiri. 

Perbedaan Nyeri Pinggang Biasa

baca juga : bahaya celana ketat bagi kesehatan

Penyebab nyeri pinggang terjadi karena adanya otot pinggang yang menegang. Biasanya kondisi ini sering terasa sesudah melakukan pekerjaan yang berat. Dan biasanya, nyeri pinggang karena pegal biasanya dapat membaik dengan sendirinya. Namun jika rasa sakit tersebut masih tetap ada dan tak kunjung sembuh, maka sebaiknya periksakan lebih lanjut kepada dokter. 

Nyeri pinggang disebabkan oleh saraf kejepit 

Beda lagi jika nyeri pinggang yang disebabkan oleh saraf kejepit, biasanya dapat muncul beberapa gejala seperti : 

  • Kelemahan pada otot yang berlebihan 
  • Kesemutan
  • Rasa sakit dan mati rasa, biasanya sering terjadi disatu sisi tubuh 
  • Rasa sakit yang memburuk dimalam hari atau dengan gerakan tertentu
  • Rasa sakit terjadi berkepanjangan dan tidak bisa sembuh dengan sendirinya
  • Rasa sakit yang meluas kelengan atau tungaki anda
  • Rasa sakit memburuk dimalam hari atau dengan gerakan tertentu
  • Sensasi terbakar didaerah yang terkena

Saraf kejepit atau biasa dikenal dengan hernia nucleus pulposus (HNP). Saraf yang terjepit oleh gangguan saraf yang mengakibatkan menonjolnya lapisan/ bantalan permukaan ruas tulang belakang dari ruang antar ruas tulang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *