Normalkah Bumil Sering Kesemutan atau Mati Rasa?

Bumil Sering Kesemutan atau Mati RasaKesemutan biasanya sering terjadi pada ibu hamil hal ini akan membuat tidak nyaman. Apakah penyebab kesemutan atau mati rasa?bagaimana saja cara mengatasinya?untuk lebih jelas, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Kesemutan merupakan suatu kondisi yang anda alami saat saraf di tangan atau kaki menerima tumpuan tekanan berat dalam waktu cukup lama. Tidak hanya mengalami perubahan bentuk tubuh, pada saat kehamilan juga dapat mempengaruhi kondisi ketidaknyamanan seperti kesemutan. Kesemutan atau mati rasa merupakan keluhan yang banyak dialami oleh ibu hamil biasanya muncul pada saat bangun pagi atau malam hari.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kesemutan Pada Ibu Hamil.

Normalkah Bumil Sering Kesemutan atau Mati Rasa?

Apa penyebab kesemutan pada ibu hamil?

Kesemutan atau mati rasa bisa disebabkan karena pembengkakan atau juga pergerakan janin dalam kandungan. Kesemutan juga bisa disebabakan karena saraf pada bagian tubuh tertentu ini juga mengalami kekurangan darah. Sehingga hal ini dapat mencegah saraf mengirimkan sinyal penting ke otak. Hal ini kemudian membuat saraf mengalami sensasi mati rasa dan kesemutan.

Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa ditandai dengan kesemutan yaitu :

  1. Kelenjar tiroid yang aktif sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan cairan yang menekan saraf dan dapat memicu saraf kejepit.
  2. Penyakit diabetes, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan pada saraf yang biasanya menyerang kaki dan tangan.
  3. Merupakan gejala penyakit saraf kejepit, pada area lengan, tulang punggung, dan punggung bawah.
  4. Kekurangan vitamin b, e dan kekurangan zat zink, dan magnesium.

Bagaimana cara mengatasi kesemutan pada saat kehamilan?

Agar dapat membantu untuk meringankan saraf kejepit anda bisa mencoba cara mengubah posisi tubuh, misalnya dari posisi duduk atau berbaring ke berdiri perlahan atau berjalan. Selain itu anda juga bisa coba cara menggoyang-goyangkan tangan atau kaki, sambil mengarahkan jari ke bawah untuk membantu memperlancar sirkulasi darah, berolahraga ringan secara rutin seperti berenang agar menjaga sirkulasi darah tetap lancar.

Untuk menghindari anda dari kesemutan pada saat hamil, sebaiknya anda juga harus tetap menjaga berat badan dan terus bergerak serta jangan berada pada satu posisi dalam jangka waktu yang lama. Demikian informasi tentang kesemutan pada ibu hamil semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *